Selasa, 29 Desember 2009

Paham-paham arsitektur


Paham-paham Arsitektur
Makna arsitektur dicari dalam proses perancangan dan diungkapkan dalam pembicaraan yang penuh perhatian. Perhatian ini secara khusus terlingkup dalam paham fenomenologi, di mana sebuah proses perancangan dibawa kepada ekspresi murni yang menggambarkan arti konsep esensi dan formula yang mengaturnya. Esensi membuat arsitektur dapat dikenali dalam intuisi yang berhubungan dengan akar murni dalam realisme pembuktian diri yang asli. Aktualisasinya dengan cara ‘membuat kembali’ dan ‘kembali kepada basis’. Paham fenomenologi ternyata bukanlah satu-satunya tolok ukur dalam menilai kebenaran arsitektur. Beberapa paham lain juga perlu dipelajari agar apresiasi dapat berjalan secara obyektif. Paham-paham tersebut dalam sejarah telah mengisi berbagai pemikiran dunia tentang arsitektur yang terdefinisikan melaui ebrbagai filsafat.

Filsafat merupakan sebuah ilmu pengetahuan kuno yang telah dikembangkan sejak beberapa abad sebelum masehi. Banyak filsuf menghasilkan pemikiran-pemikiran yang mempengaruhi pengambilan keputusan, termasuk di dalam arsitektur. Sejak awal perkembangannya pemahaman tentang arsitektur dipengaruhi filsafat tradisional barat, kemudian dalam era modern muncul filsafat-filsafat baru yang cukup deras.
Paham rasionalis mempengaruhi cara pandang terhadap arsitektur agar dapat terwujud dengan logika.
Paham empiris merupakan pemikiran yang mengarahkan arsitektur agar dapat terwujud dari keberhasilan kegiatan percobaan. Paham strukturalis berusaha mencari kembali makna kehadiran arsitektur sebagai sebuah sistem.
Paham pragmatis menetapkan bahwa arsitektur selayaknya dibuat berdasarkan model.
Paham fenomenologi memandang pengalaman sebagai aspek penting dalam berarsitektur.
Paham intuitif melihat pentingnya rasa dari seorang arsitek dalam mewujudkan karya.
Setiap paham memiliki sudut pandang tersendiri dalam menilai dan mewujudkan arsitektur. Paham-pahm tersebut berguna sebagai pegangan dalam menilai karya arsitektur baik dariperwujudannya maupun konsepnya. Perwujudan merupakan aspek teraga (tangibe), sedagkan konsep merupakan aspek yang tidak teraga (intangible).

Aspek tangible dan intangible telah mewarnai perwujudan arsitektur berdasarkan sudut pandang yang digunakan oleh arsitek. Seseorang yang ingin berapresiasi dengan karya arsitek tertentu selayaknya menempatkan diri dalam sudut pandang yang sama dengan arsitektnya. Seorang arsitek yang menghasilkan karya dengan aspek tangible dalam sudut pandang struktural tentu tidak akan dapat diapresiasi oleh seseorang dengan penilaian intangible yang berada dalam sudut pandang eksotisme. Seseorang yang selalu berapresiasi dengan penilaian intangible dalam sudut pandang paradoksial (perlawanan azas) juga tidak akan pernah dapat melakukan apresiasi secara tepat pada karya arsitektur yang menggunakan aspek tangible olah geometri. Demikianlah pentingnya sudut pandang sebagai konteks yang harus dipegang secara bersama antara karya arsitektur dan orang yang berapresiasi dengannya. Setiap orag memiliki pemikiran tersndiri dalam menilai yang dipengaruhi oleh pandangan-pandangan tertentu. Segenap pandangan manusia terjabarkan dalam permasalahan yangmenyakngkut ‘persepsi’.

Persepsi adalah proses memperoleh atau menerima informasi dari lingkungan. Persepsi dari sebuah apresiasi arsitektur tidak hanya terpengaruh indera manusia, namun juga penafsiran pengalamnnya (the interpretation of experience). Ketika seseorang berapresiasi dengan arsitektur, maka secara psikologis terjadi sebuah stimulus (rangsangan). Individu menjadi sadar akan adanya stimuli melalui sel saraf reseptor (indera). Jika sejumlah penginderaan dikoordinasikan dalam pusat saraf yang lebih tinggi (otak) maka manusia bisa mengenali dan berapresiasi dengan sebuah obyek arsitektur. Dalam proses pemikiran yang lebih lanjut individu akan mencari hubungan obyek dengan suatu gejala atau peristiwa. Seseorang yang berapresiasi dengan hasil karya arsitek perlu untuk memiliki persepsi yang sama dari hasil pembelajaran pengalaman-pegalaman manusia. Keselarasan persepsi itulah yang akan menjadi tolok ukur keberhasilan desain arsitektur. Jika persepsi tidak selaras, maka bisa dimungkinkan tujuan desain akan berbeda dengan segala sesuatu yang dialami oleh penguna. Untuk menilai pengalaman perseptual dan berbagai fenomena arsitektur lainnya perlu dilakukan pembelajaran melalui evaluasi karya arsitektur yang telah digunakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar